rss
twitter
    Selamat Datang di Dunia Pengetahuan

Hal-hal penting sebelum membangun E-learning:

1.Ketersediaan teknologi. Anda harus menyesuaikan teknologi yang telah digunakan oleh calon user sebelum membangun software. Baik itu spesifikasi komputer atau bandwith internet yang tersedia.

2.Ukuran websites. Jika anda bermaksud meyediakan e-learning secara online, atur agar ukuran halaman situs tidak terlalu besar. Apalagi pengguna internet rumahan di Indoensia masih banyak yang menggunakan dial-up.

3.Navigasi. Desain tombol-tombol navigasi pada software e-learning sebaik mungkin. Anda dapat mengambil inspirasi dari tombol navigasi Internet Explorer.

4.Modul. Pisah subjek pelajaran kedalam bentuk modul-modul yang dapat diselesaikan dalam waktu 20 menit.

5.Font. Gunakan font yang simple tapi tidak membosankan. Jangan lupa jika tidak semua komputer memiliki koleksi font yang sama, jika perlu sertakan font pada installer program e-learning. Arial adalah font yang sudah umum dan hampir terdapat diseluruh komputer, anda dapat menggunakan font ini.

6.Warna. Gunakan warna yang dapat menonjolkan tulisan atau daerah yang ingin anda fokuskan.

7.Qualitas. Seluruh gambar, video dan suara harus dalam tingkat kualitas yang sama.

8.Teks. Atur penggunakan teks seefektif mungkin. Usahakan tidak lebih dari 6 baris per screen.

9.Interaksi. Dalam membangun elemen-elemen e-learning yang interaktif jangan lupa untuk selalu meminta pendapat calon user. Dengan begini anda dapat memahami interaksi seperti apa yang dapat menarik perhatian selama pelajaran berlangsung.

10.Variatif. Desain e-learning anda kumpulan contoh, fakta dan askpek lainnya dengan bentuk yang bervariasi. Dengan demikian seluruh proses pelatihan tidak membuat user merasa bosan.

11.Multimedia. Memasang multimedia semacam flash terkadang membuat kita kelewat kreatif. Membuat kita memasang multimedia secara berlebihan. Ingat bahwa anda sedang membuat software e-learning yang bertujuan menanamkan informasi kepada user.

0 komentar:

Posting Komentar